bANGUN KONEKSI DAPAT MENUNTUN KE KARIR YANG TEPAT

Rasa bingung yang dirasakan oleh mereka yang baru lulus ketika sedang memilih karir yang tepat untuk masa depan sangatlah wajar. Tidak hanya harus mempertimbangkan karir yang memang berjalan dengan passion yang dimiliki, tetapi juga ada pertimbangan mengenai gaji yang akan didapat dari pekerjaan tersebut. Terkadang, pekerjaan yang sejalan dengan passion tidak memiliki gaji yang diinginkan. Begitu juga sebaliknya dengan pekerjaan dengan gaji yang cukup, tetapi tidak sesuai dengan passion.

Dalam memutuskan untuk berkarir, terkadang sebuah pepatah langsung muncul di benak seseorang. “Carilah pekerjaan yang disukai agar perkerjaan tersebut tidak terlihat seperti pekerjaan, melainkan sebuah hobi.” Meski begitu, tidak semua pekerjaan yang diinginkan akan memenuhi semua kebutuhan. Memilih pekerjaan yang cocok memang sulit. Beberapa orang tidak ‘memilih’ pekerjaan melainkan mereka mengambil pekerjaan apapun yang mereka dapatkan yang berujung kepada perasaan frustrasi yang dialami orang-orang selama berkarir. Untuk itu, mencari pekerjaan yang tepat merupakan sebuah kunci. Membuat daftar mengenai hal apa saja yang harus dipertimbangkan dapat membantu dalam memilah karir mana yang memang bagus untuk dikejar.

Pertama, pelajari diri sendiri. Melakukan sebuah self-assessment merupakan sebuah proses yang dapat membuka mata mengenai apa saja yang disukai. Apabila mengalami kendala, meminta bantuan ke orang yang lebih profesional seperti guru bimbingan konseling (BK) juga merupakan langkah yang tepat. Kemudian, buatlah daftar mengenai apa saja hal yang disukai. Entah itu berbicara di depan publik, debat, matematika, atau sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan. Setelah itu, bertanyalah kepada orang-orang mengenai pekerjaan mereka dan apa yang mereka sukai dari pekerjaan tersebut. Terkadang, apa yang orang lain minati terasa asing bagi kita. Hal tersebut juga mungkin akan membuat penasaran. Dengan begitu, Anda akan ada rasa untuk ingin mencoba hal baru tersebut. Siapa yang akan menyangka kalau di kemudian hari hal tersebut adalah sesuatu yang sangat Anda minati? Cara ini juga dapat membuka banyak sekali lowongan pekerjaan untuk Anda yang mungkin salah satu dari banyaknya karir yang ditawarkan adalah karir yang tepat. Selanjutnya, carilah beberapa pekerjaan yang mencakup area peminatan Anda. Apabila Anda suka menulis, maka carilah pekerjaan seputar menulis. Baik itu jurnalisme atau copywriting.

Kedua, persempit area peminatan Anda. Meskipun Anda memiliki banyak bidang yang diminati, tetapi carilah satu atau beberapa yang benar-benar disukai. Selain itu, sesuatu yang Anda dapat melakukannya dengan baik, dan sesuatu yang akan memberi Anda upah yang setimpal. Ketika ketiga cara persempitan minat tersebut sudah dilakukan, carilah informasi yang memadai mengenai beberapa karir yang sejalan dengan hasil akhir dari persempitan minat tersebut. Ketika sudah, Anda dapat mencari beberapa orang yang berkarir di pekerjaan tersebut untuk bertanya-tanya lebih lanjut seperti bagaimana pekerjaan yang sebenarnya untuk minat tersebut, dan informasi lainnya. Tujuannya adalah untuk memahami lebih lanjut mengenai keuntungan yang akan didapat dari pekerjaan tersebut, dan untuk melakukan perhitungan apakah keuntungan yang didapat akan cocok dengan gaya hidup yang Anda jalani sekarang.

Ketiga, setelah melakukan wawancara dengan orang-orang yang berada di karir yang diminati, periksa kembali dan yakinkan diri apakah pekerjaan berdasarkan minat yang telah dipersempit tersebut memang benar-benar cocok. Terkadang, walaupun suatu pekerjaan akan terlihat sangat cocok dengan kepribadian, minat, dan nilai-nilai yang dimiliki, tetapi ada beberapa hal yang tidak sejalan dengan Anda. Contohnya seperti tugas yang diberikan mungkin tidak cocok, atau edukasi dan pelatihan yang dibutuhkan tidak sesuai dengan Anda. Apabila tidak cocok, Anda dapat mengulang langkah kedua. Tetapi, minat yang terpilih sebelumnya Anda hilangkan untuk menghindari kebingungan. Setelah mendapatkan pekerjaan yang sesuai, lakukan riset lebih mendalam dan baca banyak ulasan mengenai pekerjaan tersebut.

Dalam memilih karir yang tepat, seseorang memang diharuskan untuk memiliki rasa penasaran yang tinggi. Tidak hanya akan banyaknya potensi yang terdapat di setiap pekerjaan, tetapi juga potensi yang didapat ketika melakukan riset pekerjaan dengan berbicara kepada orang-orang yang bergelut di bidang tersebut. Bisa jadi ketika sedang mewawancarai lawan bicara mengenai pekerjaan mereka, Anda mendapat kesempatan untuk bertanya mengenai lowongan yang sedang buka. Alih-alih hanya bertanya seputar informasi lebih lanjut mengenai pekerjaan, And malah langsung mendapatkan pekerjaan itu. Maka dari itu, memiliki koneksi juga penting. Selain mendapat wawasan yang lebih mendalam soal pekerjaan, Anda juga akan mendapatkan saran dan nasihat yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

Memiliki karir yang tepat tidaklah harus karir yang sesuai dengan apa yang diminati. Akan tetapi, karir yang tepat adalah karir yang tidak hanya sesuai dengan peminatan, tetapi juga memenuhi seluruh kebutuhan hidup dan jangka panjang yang harus diperhitungkan. Memiliki pekerjaan yang dicintai memang bagus. Namun memiliki pekerjaan yang tidak dicintai juga bagus karena itu membuka banyak potensi untuk Anda mencari lebih jauh mengenai minat apa yang sebenarnya Anda cintai.