Tips Hadapi Perbedaan Di Kantor

Memiliki perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar. Hal itu memperlihatkan bahwa setiap orang memiliki pemikiran dan pendirian masing-masing. Akan tetapi, terkadang perbedaan pendapat yang dialami dalam lingkup pekerjaan dengan sesama karyawan merupakan hal yang sedikit sulit diatasi. Terlebih lagi ketika pendapat yang berbeda tersebut datang dari atasan. Maka dari itu, berikut cara-cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi perbedaan pendapat tersebut.

Belajar Memahami Pemikiran Orang Lain

Kebanyakan orang selalu tidak sependapat dengan pemikiran orang lain yang tidak mereka mengerti. Hal tersebut mungkin dilakukan karena menurut mereka apa yang orang lain katakan merupakan hal yang tidak wajar. Selain itu, terkadang seseorang terlalu sibuk menghabiskan waktu mereka untuk mencoba didengar dan tidak terlalu ingin mencoba untuk mengerti apa yang dikatakan oleh orang lain. Hal yang terlihat sepele seperti ini dapat memunculkan ketidak setujuan antara pihak yang terlibat. Untuk itu, mencoba untuk memahami pemikiran orang lain merupakan yang terpenting untuk mendapatkan garis tengah dalam suatu permasalahan. Ketika seseorang mencoba untuk memahami pendapat orang lain, mereka dapat mentolerasi dan bahkan mengapresiasi pandangan orang lain yang berbeda dari miliknya. Poin utamanya adalah mencoba untuk memahami dan mengapresiasi. Meskipun Anda tidak setuju dengan apa yang dikatakan oleh orang lain, Anda harus tetap terbuka untuk mendengarkan apa yang ingin mereka katakan.

Mencoba Untuk Tetap Tenang

Ketika terjadi kesalahpahaman yang diakibatkan karena beda pendapat, terkadang seseorang sangat mudah untuk terpicu emosinya. Bahkan saking terpicunya emosi tersebut, hal yang dipermasalahkan sudah tidak lagi dalam ranah pekerjaan melainkan ke ranah personal. Namun apabila diperhatikan, pemicu tersebut bisa saja merupakan sebuah rasa ketakuan akan batas nyaman mereka. Kembali ke poin pertama, pemahaman seseorang mengenai suatu hal yang dimengerti merupakan suatu batasan. Apabila orang lain memiliki pendapat berbeda yang tidak terlalu dipahami, maka orang lain merasa bahwa pendapat tersebut merupakan sebuah ancaman untuk batas pemahaman mereka. Untuk itu, seseorang harus keluar dari comfort zone dan belajar untuk mengontrol emosi agar tidak mudah terpicu.

Carilah Titik Terang Dalam Suatu Kesamaan

Ketika Anda mendengar pendapat yang berbeda dari orang lain, fokuslah untuk mencari hal yang sama-sama disetujui oleh Anda dan lawan bicara. Apabila Anda terus bersikeras untuk mendengarkan perbedaan dan tidak berusaha mencari poin yang sekiranya dapat disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat, maka Anda akan selamanya berada di titik gelap tersebut dan tidak akan pernah menemukan titik terang untuk mencari solusi bersama. Cara untuk mencari suatu kesamaan adalah Anda dan lawan bicara dapat saling mengelaborasi poin yang ingin disampaikan dengan cara yang lebih detail dan melalui cara pandang lain.

Jadilah Seorang Pendengar Yang Baik

Orang memang banyak yang berlomba-lomba agar apa yang mereka sampaikan didengar, tetapi terkadang malas untuk mendengarkan apa yang orang lain ingin katakan. Terlebih lagi apabila pendapat yang disampaikan sangatlah berseberangan dengan apa yang Anda miliki. Padahal, mendengarkan adalah sesuatu yang penting ketika terjadi perbedaan dalam berpendapat. Menjadi seorang pendengar yang baik dalam hal ini bukan berarti Anda hanya sekadar ‘mendengar’ melalui kuping kanan dan keluar dari kuping kiri. Pendengar yang baik adalah mendengar dengan teliti, tidak bias, dan memiliki pikiran yang terbuka. Dengan begitu, apabila Anda benar-benar memberi seluruh perhatian Anda terhadap pendapat tersebut, Anda dapat bertanya untuk klarifikasi, dan juga Anda dapat mendengarkan berbagai macam opini yang berbeda tanpa harus defensif dan argumentatif. Selain itu, pendengar yang baik adalah mereka yang diam dan tidak memotong pembicaraan orang lain ketika mereka memaparkan apa yang mereka pikirkan.

Gunakan Bahasa Yang Sopan dan Baik

Merasa defensif dan argumentatif dalam suatu pembahasan yang terdapat perbedaan pendapat memang sangatlah wajar. Namun, gunakanlah bahasa yang baik dan sopan ketika ingin bertanya atau mempertegas poin yang disampaikan oleh lawan bicara. Tidak ada gunanya untuk menggunakan bahasa buruk, mengatai orang tersebut, merendahkan, atau berbicara dalam sarkasme dengan maksud menyindir hanya untuk menyampaikan bahwa Anda tidak setuju dengan apa yang disampaikan oleh orang lain. Hal tersebut hanya akan membuat suasana semakin panas dan memicu amarah. Selain itu, hal itu juga dapat melukai perasaan orang lain.

Memiliki pendapat yang berbeda bukanlah sesuatu yang sangat berdosa, dan bukanlah sesuatu yang dipandang sebagai rasa tidak sopan dan tidak hormat kepada orang lain. Terlebih ketika berbeda pendapat dengan sesama teman kerja atau atasan. Perbedaan pendapat harusnya dijadikan sebagai sesuatu yang dapat dimanfaatkaan untuk saling berdiskusi dan bertukar sudut pandang. Dengan begitu, seluruh pihak yang terlibat dapat lebih memahami pemikiran orang lain. Hal tersebut juga mungkin dapat membuat hubungan semakin erat karena sudah paham akan pendapat mereka dalam suatu hal. Selanjutnya, berbeda pendapat bukan berarti salah satu pendapat merupakan sesuatu yang salah karena pendapat setiap orang didasari dari nilai-nilai dan pengalaman mereka yang mengutarakannya. Maka dari itu, perbedaan pendapat bukanlah sesuatu yang harus dihindari tetapi sesuatu yang harus dihadapi dengan cara positif.