Tips-tips ampuh lancar jalani interview

TIPS-TIPS AMPUH LANCAR JALANI INTERVIEW

Apakah Anda sedang melamar pekerjaan di suatu perusahaan? Sebelum akhirnya diterima di perusahaan impian, ada beberapa tahapan yang harus dilewati, salah satunya adalah interview atau wawancara. Melalui proses interview, para kandidat kerja akan dinilai berdasarkan first impression atau kesan pertama yang ditampilkan kepada pewawancara.

Kandidat akan dinilai dari aspek bagaimana cara ia berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Aspek lainnya yang juga dilihat adalah kedisiplinan dan penampilan yang ditunjukkan saat interview berlangsung. Pewawancara tentu saja mengajukan beberapa pertanyaan yang mesti dijawab oleh kandidat kerja.

Ketenangan dan cara menjawab pertanyaan pada saat interview tentunya mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman. Meskipun tidak ada yang menjamin bahwa kandidat kerja akan lancar melewati proses interview. Kendati demikian, Anda bisa mempelajari tips-tips yang membantu untuk bisa lancar menjalani tes wawancara.

Mengenali Perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan di suatu perusahaan, lakukanlah riset untuk mengenali perusahaan tempat Anda akan bekerja. Bergerak di bidang apakah perusahaan tersebut? Kenali budaya yang berlaku di perusahaan tersebut. Jangan sampai Anda tidak mengetahui sama sekali lembaga tempat Anda akan bekerja. Selain itu pelajari posisi pekerjaan yang Anda lamar, supaya ketika ditanya pewawancara, pelamar kerja tidak bingung akan menjawab apa.

Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu membuktikan Anda memiliki dedikasi pada calon perusahaan tempat Anda bekerja. Pewawancara akan memiliki pertimbangan jika kandidat kerja datang tepat waktu. Jika di saat interview saja pelamar kerja sudah datang terlambat, akan memberikan kesan bahwa yang Anda perjuangkan gagal terbentuk. Perusahaan juga menjadi ragu untuk menerima calon pekerja yang seperti ini, karena dianggap tidak ada kesungguhan pada perusahaan. 

Berpakaian Sopan dan Rapi

Saat intrerview, usahakan untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Bagi kandidat pria, gunakanlah celana bahan dan kemeja. Sedangkan untuk perempuan, bisa menggunakan rok atau celana yang dikombinasikan dengan blus dan blazer untuk penampilan yang formal dan terlihat elegan. Penampilan merupakan faktor pendukung yang dilihat oleh pewawancara untuk menerima Anda sebagai karyawan baru di perusahaan terkait. Pastikan pakaian yang dikenakan tidak kusut dan bau. Karena hal ini juga bisa menjadi pertimbangan apakah Anda lolos interview atau tidak.

Tenang dan Percaya Diri

Sebagai pelamar pekerjaan sebaiknya Anda mampu mengatur tingkat kepercayaan diri. Tidak boleh terlalu berlebihan namun tidak bersikap rendah diri. Menunjukkan kepercayaan diri yang berlebihan akan berpengaruh pada ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang terlalu banyak. Dengan demikian, akan muncul kesan diri yang sombong. Sementara jika Anda menunjukkan sikap rendah diri, pewawancara juga enggan untuk menerima Anda menjadi bagian dari perusahaan. 

Menunjukkan Kemampuan

Inilah saatnya Anda menunjukkan kemampuan semaksimal mungkin namun jangan berlebihan. Tetap pada porsinya. Meskipun sederet kemampuan Anda sudah tertera di Curriculum Vitae namun alangkah lebih baik jika Anda memiliki planning untuk menunjukkan kemampuan di hadapan pewawancara. Hal ini bisa meningkatkan peluang pelamar kerja untuk bisa diterima bekerja di suatu perusahaan tempat ia melakukan interview.

Tunjukkan Manner

Sikap yang baik untuk seorang pelamar kerja apalagi masih minim akan pengalaman adalah tidak sombong. Soal pengalaman kerja, Anda masih jauh dari karyawan senior. Meskipun Anda memiliki latar belakang pendidikan yang lebih tinggi, namun ingat bahwa di perusahaan tersebut posisi Anda masih pada tahap yang harus dibimbing. Sebagai pekerja baru sudah sepatutnya  bersikap menghormati, lemah lembut dan sopan kepada karyawan senior maupun sesama pekerja baru lainnya.

Membawa Dokumen yang Diperlukan

Meskipun tidak diminta, sebaiknya Anda berinisiatif untuk membawa semua dokumen yang diperlukan. Seperti surat lamaran pekerjaan, CV, foto resmi, KTP dan ijazah. Dengan melakukan hal ini membantu perusahaan mengenali bakat Anda bahkan ketika pelamar kerja belum memberitahunya. Meskipun sudah dikirim melalui e-mail, Anda perlu membuat salinannya berupa print-outnya agar pewawancara bisa melihat bahwa Anda serius untuk bekerja di perusahaan yang Anda lamar.

Ajukan Beberapa Pertanyaan

Jika Anda merasa kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya. Selama jenis pertanyaan yang diajukan masih masuk akal dan tidak membuat pihak perusahaan merasa bingung. Anda bisa bertanya soal jam masuk kerja, durasi bekerja dan juga waktu lembur yang diperhitungkan dengan kompensasi tertentu. Ada beberapa pewawancara yang senang jika pelamar pekerjaan aktif bertanya terkait perusahaan tempat ia akan bekerja.

Itulah beberapa hal penting yang bisa membuat Anda sukses menjalani interview pekerjaan. Selalu tunjukkanlah dedikasi dan perilaku yang baik kepada perusahaan karena pewawancara tentu melihat semua dari kesan pertama yang Anda tampilkan. Maka selalu berhati-hati dalam bersikap, menunjukkan gestur dan pemilihan bahasa yang tepat untuk diucapkan saat menjalankan interview. Selamat mencoba dan semoga sukses!